Rukun Dalam Melaksanakan Ibadah Umroh

12/04/2021

Berikut ini adalah daftar rukun dari umroh dan tata cara menjalankannya dengan benar.

#1 Niat

Adapun niat yang bisa diucapkan oleh para jamaah umroh adalah :

لَبَّيْكَ عُمْرَةً

Labbaik Umrotan
Artinya : Ku sambut panggilan-Mu untuk melakukan Umroh

atau dengan mengucapkan

لَبَّيْكَ اللَّـهُمَّ عُمْرَةً

Allahumma Labbaik Umrotan
Artinya : Ya Allah, ku sambut panggilan-Mu untuk melakukan Umroh

Niat umroh dilakukan saat memasuki titik miqot sesuai dengan arah kedatangan para jamaah, dengan melakukan niat umroh maka larangan umroh sudah berlaku dan tidak boleh dilanggar. Apabila dilanggar, maka harus mengulang lagi dari awal. Larangan ini akan berakhir ketika Anda sudah melaksanakan sampai rukun yang keempat.

#2 Thawaf

Thawaf adalah kegiatan berjalan mengelilingi Ka’bah dengan jumlah total 7 kali. Pada 3 putaran pertama, untuk jamaah laki-laki disarankan untuk lari-lari kecil, namun apabila keadaan tidak memungkinkan, berjalan pun tidak apa-apa. Sedangkan untuk sisanya memang dilakukan berjalan biasa.

Proses melakukan tawaf berawal dan berakhir sejajar posisi Hajar Aswad. Setiap awal putaran diawali dengan memberikan isyarat dengan melambaikan tangan kearah Hajar Aswad jika tidak memungkinkan untuk mengusap dan mencium Hajar Aswad. Ketika menjalankan thawaf, usahakan untuk memperbanyak doa dan dzikir.

Disertai dengan shalat dua rakaat dibelakang Maqom Ibrahim dan meminum air zam-zam serta membasuh kepala dengan air zam-zam.

#3 Sa’i

Sa’i dapat diartikan sebagai kegiatan berlari-lari kecil atau berjalan bolak balik dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah sebanyak 7x. Dalam melaksanakan rukun sa’i, jamaah diperbolehkan apabila tidak dalam keadaan suci, maksudnya adalah tidak berwudhu.

Jadi, seorang wanita yang sedang haid atau bahkan sedang nifas pun bisa melakukannya.

#4 Tahalul

Tahalul dapat diartikan sebagai peng-halal, maksudnya adalah hal-hal yang tadinya dilarang ketika Anda memulai niat ihram sudah menjadi sudah diperbolehkan kembali.
Rukun ini dilakukan dengan mencukur habis rambut baik dilakukan sendiri maupun bantuan orang lain
.

#5 Tertib

Tertib disini maksudnya adalah wajib melaksanakan rukun dari umroh secara berurutan, dari niat ihram hingga tahalul. Jadi, tidak boleh melompati urutan yang sudah disebutkan di atas. Apabila ada salah satu yang terlewat atau tidak sesuai dengan urutan, maka umrohnya dianggap tidak sah.

baca juga

25/08/2021

Himbauan Vaksinasi Covid-19

26/04/2021

Larangan dalam ibadah umroh

Paket Umroh

Umroh Sofwa
20-28 Oktober 2022
program 9 hari
Umroh Ramadhan
21-30 April 2023
program 21 hari
Umroh Sofwa
18-26 Agustus 2022
program 9 hari
silahkan chat kami
silahkan chat kami
Bismillah,
Saya butuh informasi terkait jadwal dan paket
dari rumarumi tour & travel